TRAINING ONLINE CONTINUOUS IMPROVEMENT TRAINING: EFFECTIVE SMALL GROUP ACTIVITIES (SGA)

TRAINING WEBINAR SMALL GROUP ACTIVITIES

TRAINING AKTIFITAS GROUP KECIL UNTUK PRAKERJA

pelatihan Continuous Improvement Training: Effective Small Group Activities (SGA) online

LATAR BELAKANG pelatihan small group activities online

Salah satu faktor keberhasilan perusahaan kelas dunia adalah penerapan
Total Quality Management (TQM) secara efektif dengan pembentukan Small
Group  Activity  (SGA)   atau disebut juga Quality Circle (QC). Karena
keberhasilan  ini, sejumlah industri negara maju dan sedang berkembang
termasuk   Indonesia,   menerapkan  TQM  dengan  membentuk  SGA  untuk
meningkatkan  mutu,  produktivitas  dan  daya saing menuju World Class
Manufacturing/Services. pelatihan aktifitas group kecil online

Konsep  dalam  PDCA  (Plan-Do-Check_-Act)  melihat  bahwa  proses yang
terjadi  dalam suatu aktivitas yang bermutu, misalkan aktivitas bisnis
merupakan  suatu  lingkaran  yang  terdiri  dari  empat  buah langkah.
Training  ini akan membahas mengenai penggunaan metode PDCA pada suatu
proses  aktivitas  di  perusahaan,  disertai  dengan  studi  kasus  di
lapangan.

Small  Group  Activity   (SGA)  merupakan kegiatan yang dilakukan oleh
sekelompok   orang   dalam  perusahaan  dengan  goal  untuk  melakukan
peningkatan yang berkelanjutan bagi perusahaan tersebut. Gugus Kendali
Mutu   merupakan   salah   satu   sarana   efektif   perusahaan  untuk
mengikutsertakan  seluruh staffnya dalam suatu kegiatan yang bertujuan
meningkatkan kinerja Perusahaan pada umumnya. pelatihan pengembangan organisasi online

Dalam  prakteknya  perusahaan  sering  lebih  memperhatikan  manajemen
operasional  saja  namun kurang memperhatikan sumber daya manusia yang
berada   di   lapangan.  Padahal,  SDM  lapangan  inilah  yang  banyak
mengetahui  permasalahan  yang  terjadi  di lapangan dan bahkan mereka
pula yang sering menyelesaikannya.

SASARAN PROGRAM

Peserta    memahami   tentang   berbagai   hal   untuk   merencanakan,
mengoperasikan   dan   mengevaluasi   SGA   agar   kinerja  perusahaan
meningkat.  Peserta  diharapkan  mampu  untuk  memahami proses Quality
Control di perusahaan. Peserta dapat memahami bagaimana pengaplikasian
metode PDCA dalam aktivitas bisnis.

Tujuan  Akhir  dari  Implementasi  SGA  bukan  untuk  sekedar menambah
pengetahuan dan ketrampilan tetapi untuk diterapkan hingga mendapatkan
kontribusi  manfaat  yang  nyata bagi perbaikan usaha seperti kualitas
yang  meningkat,  peningkatan  produktifitas, kapasitas yang meningkat
lingkungan  kerja yang lebih bersih dan aman sehingga laba  perusahaan
meningkat.   Pada  akhirnya  penerapan  SGA  saat  ini  menjadi  suatu
kebutuhan penting dalam dunia meningkatkan strategy bisnis.

Setelah mengikuti pelatihan SGA diharapkan peserta Mampu :
  1. Memahami konsep SGA secara efektif
  2. Memahami Struktur SGA program
  3. Memahami dan mampu melaksanaakan SGA Meeting
  4. Mampu  menggunakan  Alat   dan  Teknik  Pemecahan Masalah (Problem
     Solving Tools and Techniques Used by SGA)
  5. Memahami Hambatan SGA  dan cara mengatasinya
  6. Memahami Ruang Lingkup Gugus Kendali Mutu (GKM)
  7. Mampu melaksanakan Konsep Total Quality Management (TQM) & PDCA
  8. Mampu memecahkan masalah dan Continual Improvement
  9. Memahami Teknik Pembuatan GKM
10. Mampu  melakukan evaluasi, Monitoring dan Dokumentasi implementasi
     SGA
11. Memahami peran dan Tugas Fasilitator
12. Mampu  membuat Langkah pembuatan presentasi yang menarik dan mudah
     dipahami
13. Mampu melakukan teknik presentasi GKM
14. Memahami Konsep metode PDCA
15. Memahami Siklus PDCA

STRATEGI PROGRAM

Pelatihan dan konsultasi ini akan dibawakan dengan metode :
   * 50 % landasan teori
   * 50 % study kasus

OUTLINE PROGRAM

HARI KE 1

Problem Solving  Competitiveness
  1. Study  kasus  pada  sebuah  perusahaan  market  leader belum tentu
     profit leader
  2. There is no a best way, there is always a better way”
  3. Mengapa kita perlu melakukan SGA
  4. It  is not the strongest of the species that survive, nor the most
     intelligent, but the one most responsive to change
  5. Rahasia kesuksesan Jepang
  6. Karakter komunikasi Jepang
  7. Sistematika SGA

SGA Fundaamental
  1. Pembagian tugas pada proses kerja
  2. Operator  –  Leader-  Spv-  Manager siapa yang menilai hasil kerja
     mereka
  3.  Customer & suplier relationship
  4. Apa itu PSG
  5. Pemberdayaan dengan PSG
  6. Konsep PSG
  7. Tugas dan tanggung jawab team leader
  8. Peran Coach PSG

SGA for Midle management
  1. Productivity Challenge
  2. Peran dan tanggung jawab terhadap SGA
  3. Struktur organisasi promosi SGA
  4. Managing SGA
  5. The SGA Manager and his Role
  6. Manajer bertanggung jawab atas ‘hidup-matinya’ SGA di bagiannya
  7. Komite SGA
  8. Hal- hal yang tidak bisa di SGA kan
  9. How to supervise SGA Project
10. Appreciation of Problem Solving Tools and Methodology used by SGA
11. How to evaluate QCC Activities
12. Appreciation of Current issues of SGA
13. Prinsip dasar perbaikan

Analisa situasi  Identifikasi masalah dalam SGA
  1. Kelompok  perbaikan  yang  terdiri  dari  team yang bertemu secara
     berkala  untuk  membahas  dan  memecahkan masalah pekerjaan dengan
     tujuan meningkatkan KUALITAS.
  2. Sipoc Diagram ( Latihan)
  3. SGA Servive Excellence
  4. Menentukan Value definition dalam proses ( Latihan )
  5. Identifikasi masalah potensial
  6. Seleksi masalah data kualitatif
  7. Seleksi masalah dan kualtitatif
  8.  Latihan

HARI KE 2

Analisa situasi menetapkan target & Project charter
  1. Masalah yang sudah terumuskan dengan baik dan jelas, berarti sudah
     terselesaikan separuhnya
  2. Latihan perumusan masalah
  3. Batasan masalah
  4. Penetapan target ( Latihan )
  5. Project  charter  (  Latihan  )Rencana  pelaksanaan  SGA,  membuat
     schedule ( Latihan )

Identifikasi kemungkinan dan sumber penyebab
  1. Memecahkan  masalah  tidak  terlalu  sulit, triknya adalah membuat
     masalah tetap terpecahkan ”
  2. Analisa persoalan
  3. Hubungan sebab akibat
  4. Jebakan analisa penyebab
  5. Analisa proses kritis
  6. Analisa CTQ
  7. Identifikasi penyebab potensial
  8. Cause efect matrik
  9. Menggali akar penyebab masalah
10. Latihan

Analisa keputusan , Mencari ide & Melaksanakan perbaikan
  1. Keputusan terbaik adalah keputusan strategis yang operasional
  2. Fahami fakta dengan jelas
        + Kita  memiliki  data  laporan.  Analisa  gejala  yang  sering
          muncul,  Analisa  masalah yang sering terjadi, Analisa bagian
          yang sering rusak, Turun ke lapangan
  3. Prinsip 3 Gen
  4. Mencari  ide perbaikan DLAA, Datang Lihat, Amati, Aksi
  5. Jangan  menyibukan  diri  dengan  penemuan  , Kita terjebak dengan
     antusiasme  penemuan  ide  brilian.  Kita  mengira  penemuan  kita
     inovasi. tapi sulit di implementasikan
  6. Analisa ide Solusi ( ide + Pelaksanaa )
  7. Latihan

Analisa peningkatan dan Evaluasi hasil perbaikan  & Standarisasi
  1. Benefits of Control & Monitoring Phase
  2. Memeriksa hasil perbaikan
  3. Hasil perbaikan tangible & Intangible Benefide
  4. Contoh kesimpulan perhitungan benefide
  5. Latihan
  6. Dampak yang timbul jika proses kerja tanpa standar
  7. Data Perubahan/Perbaikan Standar Hasil Perbaikan
  8. Contoh standarisasi hasil perbaikan
  9. Latihan

HARI KE 3

Strategy penerapan SGA
  1. Improvement adalah proses
  2. Improvement  bukanlah  sebuah  target, melainkan sebuah perjalanan
     (proses)
        + Dalam  implementasi  :  “Tidak ada yang terbaik, namun selalu
          ada yang lebih baik”
  3. Mutu adalah subuah pertandingan tanpa garis finish
  4. Maslah adalah peluang kemajuan
  5. Strategy melalui improvement
  6. 10 Filsafat dasar perbaikan
  7. “Kurang dari 10% strategi bisnis berhasil diimplementasikan secara
     efektif  :  hal  ini  bukan disebabkan karena bad strategy, tetapi
     terutama karena bad execution.”

Mengelola penerapan dan peningkatan SGA
  1. 5 Pengelolaan dan peningkatan SGA
  2. Steering commite
  3. SGA Plan organization
  4. KPI Deployment
  5. Pit Stop meeting
  6. Visual  performance managemnet
  7. Video Benchmark penerapan SGA
  8. Coaching SGA
  9. Review sasaran kinerja KPI
10. Coaching team AWG
11. Lembar kemajuan kinerja
12. Control Continuous Improvement

Audit SGA Project
  1. Jika ingin membangun motivasi dan improvement,bangunlah SGA …”
  2. Peran management dalam SGA
  3. Basic mentality Juri SGA
  4. 3 pilar dalam perusahaan
  5. Rinsip penjurian
  6. Sikap juri dan paradigma
  7. Tujuan peniaian
  8. Faktor2 penilaian
  9. Sistematika penilaian
10. Langkah – langkah penjurian
11. Latihan

Teknik menggelar konfrensi dan presentasi SGA
  1. Stategy presentasi
  2. Strategy presentasi kepada management
  3. Persiapan presentasi
  4. Pemberian penghargaan
  5. Persiapan  konvensi
  6. Formasi konvensi
  7. Susunan acara konvensi
  8. Pemberian penghargaan
  9. Latihan

Jadwal Pelatihan ruang-training.co.id tahun 2024 :

Batch 1 : 16 – 17 Januari 2024

Batch 2 : 8 – 9 Februari 2023

Batch 3 : 18 – 19 Maret 2024

Batch 4 : 17 – 18 April 2024

Batch 5 : 13 – 14 Mei 2024

Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024

Batch 7 : 17 – 18 Juli 2024

Batch 8 : 5 – 6 Agustus 2024

Batch 9 : 11 – 12 September 2024

Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024

Batch 11 : 19 – 20 November 2024

Batch 12 : 10 – 11 Desember 2024

Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Lokasi Pelatihan Tahun 2021 :

Yogyakarta, Hotel Dafam Seturan(7.300.000 IDR / participant)

Jakarta, Hotel Amaris Tendean (7.900.000 IDR / participant)

Bandung, Hotel Golden Flower (7.800.000 IDR / participant)

Bali, Hotel Ibis Kuta (8.500.000 IDR / participant)

Lombok, Hotel Jayakarta (8.750.000 IDR / participant)

Catatan :

  • Waktu pelatihan Dua+1* hari dengan Biaya tersedia untuk Perorangan, Group, dan Inhouse Training, belum termasuk akomodasi/penginapan.
  • Untuk biaya dan jadwal training harap menghubungi marketing kembali

Investasi training:

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas training:

Free Penjemputan dari bandara ke hotel*.

Modul / Handout.

Flashdisk*.

Certificate of attendance.

FREE Bag or bagpacker.